Selasa, Maret 30, 2010

KATA-KATA HIKMAH Jadilah Orang Yang Paling Bahagia

1.apa yang telah berlalu, biarlah ia berlalu, dan apa yang telah pergi, biarlah binasa. Jangan anda pikirkan apa yang telah berlalu, karena ia telah pergi dan lenyap
2.Ridholah dengan takdir yang telah ditentukan dan rizki yang telah di bagikan dengan hati yang terbuka, segala sesuatu itu sudah ada ukurannya, maka tinggalkan berkeluh kesah
3.Jangan sekali-kali mengharapkan ucapan terima kasih dari orang lain, cukuplah allah tempat bergantung, anda tidak perlu takut pada orang yang pendendam dan iri hati
4.Apabila anda berada di pagi hari, janganlah menunggu datangnya waktu petang, hiduplah kamu di hari ini saja, curahkan seluruh perhatian anda untuk menjadi lebih baik di hari ini.
5.Biarkan masa depan itu datang dengan sendirinya, dan jangan terlalu cemas dengan hari esok, karena jika anda melakukan terbaik hari ini, pastilah hari esok akan baik pula.
6.Bebaskan jiwa andaa dari rasa dengki dan iri hati, buang jauh-jauh penyakit permusuhan dan hilangkan rasa permusuhan dari hari anda.
7.Buku adalah sahabat yang terbaik, bergaullah dengan buku, bersahabatlah dengan ilmu, dan bertemanlah dengan pengetahuan.
8.Terimalah dengan ikhlas apa yang ada pada diri anda, niscaya anda akan memperoleh ketentraman dan kebahagian.
9.Ketahuilah bahwa setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan dan kelapangan pasti datang setelah adanya kesulitan, ketahuilah bahwa keadaan seseorang itu tidak akan tetap selamanya sebagaiman hari-hari yang senantiasa berputar.
10.Optimislah…… dan janganlah berputus asa, dan jangan pula menyerah tanpa berusaha, dan selalu berbaik sangka kepada tuhanmu, dan tunggulah kebaikan dan keberhasilan yang akan segera dia berikan.
11.Terimalah dengan lapang dada dengan pilihan allah untuk anda, sebab anda tidak tahu hikmah yang tersembunyi di balik pemberiannya itu, boleh jadi kesulitan itu lebih baik bagimu daripada kesenangan.
12.Ketahuilah bahwa anda bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan musibah, tiada seorangpun di dunia ini yang terbebas dari kesedihan dan luput dari kesulitan.
13.Ketahuilah bahwa orang mengumpat anda berarti telah memberikan pahala kepada anda, menghapuskan kesalahan-kesalahan anda, dan menjadikan diri anda terkenal, semua itu adalah sebuah kenikmatan.
14.Maniskanlah wajah anda kepada siapa saja, niscaya anda akan mendapatkan cinta kasih mereka, haluskan tutur kata anda pasti mereka akan mencintai anda, dan rendah dirilah terhadap mereka pasti mereka akan menghormati anda.
15.Balaslah setiap kebaikan dengan yang lebih baik, berbuatlah baik kepada sesame manusia, padamkanlah api permusuhan, berdamailah dengan musuh, dan perbanyaklah sahabat.
16.Hadapilah manusia itu sesuai dengan keadaan mereka, maklumi apa yang tidak tidak sengaja mereka lakukan, ketahuilah bahwa ini merupakan sunnahtullah pada manusia dan kehidupan itu sendiri.
17.Aturkanlah semua kegiatan anda, jangan menumpuk pekerjaan untuk di kerjakan pada waktu yang bersamaan, nuatlah jadwal dan kerjakan dalam satu waktu tertentu, dan luangkan beberapa waktu di antaranya untuk beristirahat, agar hasil yang akan di perolehnya lebih baik.
18.Lihatlah orang yang lebih rendah dari anda dari seg tubuh, rupa, harta, rumah, pekerjaan, dan keluarga, niscaya anda akan menyadari bahwa anda masih lebih baik dari ribuan orang lainnya.
19.Janganlah anda sekali-kali melukai perasaan seseorang, jadilah orang yang mempunyai lidah yang selalu berkata benar, bertutur dengan lembut, dan jadikan orang yang ada di sekitar anda merasa aman.
20.Janganlah marah, sebab marah hanya akan merusak keadaan jiwa, mengubah budi pekerti, memperburuk pergaulan, menghancurkan kasih saying, dan memutuskan tali silahturrahim.
21.Percayalah pada kemampuan diri sendiri, dan jangan menggantungkan diri pada orang lain, anggaplah bahwa mereka memerlukan anda, dan bukan anda memerlukan mereka, hanya allahlah yang selalu bersama diri anda.
22.Hindari kata “ nanti”, menundakan perkerjaan, dan menunda-nunda kewajiban, ketahuilah bahwa semua itu adalah awal dari kegagalan.
23.Tinggalkanlah sikap ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan jauhilah sikap yang tidak ada arah tujuan, tetapi bersemangatlah, bulatkan tekad dan maju.
24.Jangan sia-siakan usia anda dengan sering menukar tempat kerja, karena sikap demikian menunjukkan bahwa anda tidak pernah berhasil dalam permasalahan apapun.
25.Biasakan diri dengan mengeluarkan sedekah meskipun sedikit, karena sedekah dapat memadamkan api kesalahan, menggembirakan hati, menghilangkan keresahan, dan akan menambah rizki.
26.Kunjungilah rumah sakit agar anda merasakan bagaimana nikmatnya sehat, kunjungilah penjara agar anda tahu arti sebuah kebebasan, kunjungilah rumah sakit jiwa agar anda tahu bagaimana nikmatnya berakal sehat, sebab jika anda tidak pernah mengunjungi tempat-tempat seperti itu, maka anda akan senantiasa tidak puas dengan apa yang ada pada anda.
27.Waspadalah……..jangan anda di hancurkan oleh perkara-perkara yang remeh, tetapi juga jangan berikan perhatian yang besar pada permasalahan yang kecil, berhati-hatilah jangan terlalu takut menghadapi masalah dan jangan terlalu membesar-besarkan masalah.
28.Jadilah orang berpandangan luas, berusahalah untuk memaafkan siapa saja yang berbuat salah pada anda agar anda bisa menikmati hidup ini dengan damai dan hati yang tenang, dan buanglah jauh-jauh keinginan untuk membalas dendam.
29.Jangan buat musuh-musuh anda gembira dengan kemarahan dan kesedihan anda, karena irulah yang diinginnkan oleh mereka, jangan anda lulusakn keinginan mereka untuk mengeruhkan kehidupan anda.
30.Janganlah anda seperti lalat yang hanya hinggap di atas luka, janganlah menginjak-injak di atas penderitaan oran lain, membicarakan aib meraka, merasa senang dengan kekeliruan mereka.
31.Jika tali terlalu tegang, maka itu tandanya akan putus, jika malam sangat gelap, maka kegelapan itu akan segera berlalu, jika urusan terasa semakin sulit itu artinya kelapangan akan segara datang, tidak mungkin satu kesulitan mengalahkan dua kemudahan.
32.Setelah lapar ada kenyang, setelah sakit ada sehat, setelah fakir ada kaya. Dan kesedihan itu selalu diiringi oleh kebahagian. Inilah sunnah allah yang tidak dapat di ganggu gugat.
33.Jangan anda gelisah ketika mengalami kesusahan, sesungguhnya kesusahan itu dapat menguatkan hati anda, membuat anda dapat merasakan nikmatnya sehat, akan membulatkan tekad anda, akan mengangkat kedudukan anda, dan akan menampakan kesabaran anda.
34.Apa yang akan menimpa diri anda, tidak akan mungkin meleset dari anda, apa yang sudah di tetapkan tidak akan mengenai anda, tidak mungkin akan menimpa anda. Apapun kejadian yang aanda temui, tinta sudah mongering. Tidak ada alas an bagi anda untuk mengindar dari ketentuan.
35.Ubahlah kerugian anda menjadi keuntungan, buatlah musibah terasa nikmat seperti limau yang asam diubah menjadi minuman manis yang menyegarkan, masukkan segenggam gula ke dalam air musibah dan olahlah semuanya dengan kepandaian anda sehingga semuanya terasa nikmat.
36.Kebaikan yang tersembunyi di balik sesuatu yang anda benci terkadang lebih banyak daripada ynag ada dalam sesuatu yang anda sukai, karena andatidak mengetahui akibat yang akan terjadi, betapa banyak kenikmatan yang tersembunyi dalam kesulitan dan betapa banyak kebaikan yang tersembunyi di balik baju keburukan.
37.Pekerjaan yang serius akan membebaskan jiwa dari pikiran yang jahat, dari hayalan-hayalan yang penuh dosa, dan dari keinginan-keinginan yang haram.
38.Barangsiapa yang memiliki tingkahlaku yang sopan, perasaan yang sehat, dan akhlak yang mulia, maka dia akan membuat dirinya dan orang lain berbahagia, dan akan mendapatkan hati yang tenang dan keadaan jiwa yang sejuk.
39.Hiburlah hati anda, karena hati itu cepat bosan dan mudah merasa letih. Lakukan kegiatan yang bermanfaat dan pilihlah kegiatan yang paling banyak mengandung hikmah dan berbagai macam pengetahuan.
40.Ilmu pengetahuan itu akan membuat hati anda menjadi lapang, memperluas wawasan, dan dapat menghadirkan cekrawala hingga ke dalam jiwa, sehingga anda dapat keluar dari kecemasan, kegundahan dan kesedihan jiwa.
41.Di antara hal yang dapat membuat kita bahagia adalah dapat mengatasi rintangan dan mengalahkan kesulitan. Nikmatnya kemenangan tidak dapat di bandingkan dengan kenikmatan apapun, dan kegembiraan yang disebabkan oelh keberhasilan tidak dapat disamakan dengan kegembiraan apapun.
42.Jika anda ingin merasakan kebahagian bersama orang lain, maka perlakukanlah mereka dengan cara yang sama yang anda sukai ketika memperlakukan anda. Jangan merendahkan dan meremehkan martabat mereka.
43.Apabila seseorang dapat mengenal dirinya dan ilmu yang sesuai dengannya serta dapat mengaplikasikan ilmunya sesempurna mungkin, niscaya dia akan mendapatkan lezatnya keberhasilan dan nikmatnya kemenangan.
44.Siapa yang pada waktu pagi dia merasa aman dalam keluarganya, badan merasa sehat, dan miliki makanan untuk hari itu, maka sebenarnya dia telah memiliki dunia seluruhnya.
45.Prinsip-prinsip kesuksesan adalah bawha allah dan orang-orang di sekiling anda ridho kepada anda, jiwa anda pun jiwa yang ridho dan anda mampu mempersembahkan amalan yang bermanfaat.
46.Makan adalah kebahagian sehari, bepergian adalah kebahagian seminggu, pernikahan adalah kebahagian sebulan, harta adalah kebahagian setahun, iman adalah kebahagian seumur hidup.
47.Anda tidak akan bahagia dengan tidur, makan, minum dan menikah saja, tetapi anda akan bahagia dengan berbuat baik, karena berbuat baik itulah yng telah melahirkan orang-orang besar di bawah langit ini.
48.Anda sendirilah yang mewarnai hidup anda dengan cara pandangan anda terhadap hidup itu sendiri, hidup anda adalah ciptaan dari pikiran anda sendiri, maka janganlah memakai kaca mata hitam kalau ingin melihat indahnya dunia ini.
49.Pikirkanlah tentang orang- orang yang anda cintai, jangan anda luangkan waktu sedetikpun untuk memmikirkan tentang orang yang anda benci, karena mereka tidak mau tahu tentang diri anda dan keresahan yang anda dapatkan.
50.Kebahagian itu tidak terletak pada keturunan, harta, dan emas berlian, tetapi kebahagiaan itu terletak pada agama, ilmu, pengetahuan, sopan santun dan tercapainya cita-cita.
51.Berpikirlah tentang keberhasilan anda, tentang hasil pekerjaan anda, dan tentang kebaikan apa yang telah anda lakukan kepada orang lain, kemudian bergembiralah dengan itu semua dan bersyukurlah kepada allah, sesungguhnya cara ini dapt melapangkan dada anda.
52.Antara anda dan orang kaya itu hanya berselisih satu hari, adapun kemaren mereka tidak akan mendapatkan kelezatannya, sedangkan hari esok bukan milik anda dan juga bukan milik mereka, mereka hanya mendapatkan satu hari, sungguh singkat masa itu.
53.Hanya ada satu kata untuk kurun waktu yaitu”sekarang”. Tidaak ada dalam kamus kebahaigan kecuali satu kata yaitu “ ridho”.
54.Jika anda ditimpa suatu musibah, maka bayangkan bahwa musibah itu sangat besar, niscaya anda akam mudah menghadapinya, dan anggap bahwa musibah itu akan segera berakhir, kalau bukan karena musibah pastilah anda tidak akan mengharapkan senangnya kedamaian dan kedamaian.
55.Jika anda terhimpit dalam satu krisis, maka ingatlah berapa banyak krisis yang telah berhasil anda lalui dan berapa banyak allah telah menyelamatkan diri anda, ketika itu juga anda akan sadar bahwa Allah yang telah menyelamatkan anda saat pertama kali, dan menyelamatkan anda kembali dalam waktu yang lain.
56.Jangan terlalu cepat mengambil keputusan sebelum anda selesai mempelajari semua aspeknya, kemudian minta pilihan kepada allah, dan mintalah pendapat dari orang-orang yang bijak dan dapat di percaya, jika anda berhasil memang itulah yang di kehendakiNya dan jika anda tidak berhasil maka janganlah anda menyesal.
57.Orang yang cerdas banyak mempunyai teman dan sedikit musuh, karena seorang teman baru dapat dalam jangka waktu setahun, sedangkan musuh bisa di dapat dalam jangka waktu sehari, maka beruntunglah orang yang telah di beri allah kasih saying makhlukNya
58.Jangan pernah mengorbankan kesehatan untuk mendapatkan harta, memenuhi keinginan syahwat dan mendapatkan jabatan, karena semua itu pasti akan sia-sia, orang yang kesehatannya sudah hilang tidak akan pernah merasakan kesenangan.
59.Orang yang malasa dan bodoh hakikatnya adalah orang yang membuat orang di sekitarnya keletihan dan menderita kesedihan,sedangkan orang yang rajin bekerja dan bersungguh-sungguh, dia orang yang faham bagaimana cara meraih kehidupan dan bagaimana meraih kebahagian.
60.Seandainya seorang wanita menggenggam dunia, berhasil mendapatkan penghargaan dari seluruh dunia, dan berhasil mendapatkan gelar pendidikan, namun tidak mempunyai suami, sesungguhnya wanita adalah miskin.
61.Kehidupan yang sempurna itu adalah di masa muda anda mencurahkan seluruh waktu anda untuk mendapatkan keinginan-keinginan anda, dan masa dewasa anda mencurahkan waktu anda untuk berjuang dan di masa tua anda mencurahkan waktu anda untuk merenung.
62.Salahkan diri anda sendiri atas semua kelalaian yang anda lakukan, jangan sekali-kali menyalahkan orang lain, karena anda mempunyai aib yang memerlukan waktu yang lama untuk memperbaikinya, oleh karena itu janganlah mengurus orang lain uruslah diri anda sendiri.
63.Kebahagian itu terletak pada pengorbanan, kemampuan membentengi kesombongan, keinginan untuk menderma, sikap tidak mengganggu orang lain, dan jauh dari sifat egoism dan ingin menang sendiri.
64.Tertawa sekedarnya akan membuat jiwa menjadi lapang, memperkuat hati, menghilangkan kebosanan, meningkatkan semangat bekerja, serta menjernihkan pikiran.
65.Sahabat yang baik adalah sahabat yang sangat anda percaya dan membuat diri anda tenang bersamanya, membantu anda dalam kesulitan, ikut prihatin dengan kegelisahan anda, dan ia tidak menyebarkan rahasia-rahasia anda.
66.Jangan mengharapkan kebahagia lebih besar daripada kebahagian yang ada di depan mata anda, karena anda akan kehilangan semua kebahagian, kebahagian di sepan mata sekalipun, dan janganlah menunggu musibah-musibah yang akan datang, karena sama artinya anda mempercepat datangnya rasa takut dan kesedihan.
67.Sepotong roti lebih nikmat di makan disaat hati tenang daripada segudang keju dengan hati penuh ketakutan, sebuah gubuk namun tertutup dari aib, lebih baik dari istana yang penuh dengan fitnah.
68. Berbagai kesulitan dalam meraih cita-cita adalah sesuatu yang menyenangkan, letih dalam keberhasilan adalah sesuatu yang melegahkan, peluh dalam bekerja adalah minyak wangi, pujian baik adalah parpum yang harum.
69.Kegembiraan dengan makanan dan harta adalah kegembiraan anak kecil, kegembiraan dengan pujian adalah kegembiraan orang dewasa, berbuat baik adalah kemuliaan yang tidak akan hilang.
70. Siapa yang tidak bahagia dalam rumahnya pasti dia tidak akan menemukan tempat yang bahagia di luar rumahnya, siapa yang tidak di cintai keluarganya pasti dia tidak mendapatkan cinta dari orang lain, siapa yang menyia-nyiakan hari ini pasti hari esok akan tersia-siakan.
71. Hati yang selalu gembira dapat membunuh bakteri kemarahan, jiwa yang ridho dapt mengusir serangga kebencian.
72. Keamanan adalah pijakan yang kuat, kesehatan adalah makanan yang paling lezat, cinta adalah obat yang paling mujarab, menutup aib adalah pakaian yang paling baik.
73. Jalan yang paling aman adalah jalan menuju rumah anda, hari yang paling baik adalah hari disaat anda berbuat baik, waktu yang paling buruk adalah waktu anda berbuat kejahatan pada seseorang.
74. Tidak ada artinya hidup bagi orang yangburuk kelakuannya, tidak ada ketenangan bagi orang yang suka bermusuhan, tidak ada rasa aman bagi orang yang berbuat dosa, tidak ada yang menyenangi orang yang durhaka, tidak ada yang memuji pembohong, tidak ada yang mempercayai penghianat.
75. Jadilah seperti burung yang rezekinya datang setiap pagi dan petang, tidak pernah memikirkan hari esok, tidak pernah percaya pada siapapun, dia tidak sombong dan tangkas gerakannya.
76. Siapa yang bergaul dengan manusia, mereka akan meremehkannya, siapa yang kikir kepada orang lain maka mereka akan membencinya,siapa yang penyantun terhadap orang lain maka mereka akan menyeganinya, siapa yang dermawan terhadap orang lain maka mereka akan menyukainya, siapa yang suka meminta-minta kepada orang lain maka mereka akan membencinya.
77. Cakrawala berputar, siang dan malam terus berganti, waktu terus berputar, maka mustahil keadaan akan tetap tanpa perubahan, sedangkan yang maha kuasa setiap saat selalu dalam urusanNya. Oleh karena itu mengapa kita harus bersedih.
78. Hari kemaren telah mati, hari ini dalam pengendalian, hari esok belum lahir, anda hanya memiliki waktu sekarang, oleh karena itu isilah hari ini dengan ketaatan, niscaya anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.
79. Mungkin saja kesan pertama sari permasalahan yang anda hadapi membuat anda kurang senang, namun ternyata setelah semua itu anda lalui anda boleh tersenyum puas karenanya, sebagaimana awan, awalnya kilat dan petir namun akhirnya hujan yang begitu segar.
80. Memakai kepribadian orang lain, larut dalam identitas orang lain, dan meniru orang lain adalah bentuk tindakan bunuh diri dan menghancurkan nilai-nilai utama kepribadian.
81. Ketika anda meminum air yang hangat maka sangat berat bagi anda untuk mengucapkan Alhamdulillah, namun jika anda meminum air yang begitu dingin dan segar maka seluruh organ tubuh anda akan serentak mengucapkan Alhamdulillah.
82. Kebahagiaan termurah yang dijual di pasar orang-orang beraqal adalah meninggalkan apa saja yang tidak bermanfaat, sedangkan barang yang paling berharga di pasar dunia adalah ketika anda bersikap ramah kepada semua orang dan mereka bersikap ramah kepada anda.
83. Juahilah kesedihan, karena itu adalah racun, jauhilah kelemahan karena itu adalah kematian, jauhilah kemalasan karena itu adalah kegagalan, jauhilah pendapat yang tidak lurus karena itu adalah tanda buruknya kepengurusan anda.
84. Siapa yang meremehkan penguasa niscaya hilanglah dunianya, siapa yang meremehkan orang alim niscaya hilanglah agamanya, siapa yang meremehkan teman niscaya hilanglah wibawanya, siapa yang meremehkan allah niscaya hilanglah dunia dan akhiratnya.
85. Ilmu itu teman akrab dalam kesepian, sahabat dalam keterasingan, pengawas dalam kesendirian, penunjuk kejalan yang lurus, penolong disaat susah, dan bekal setelah mati,
86. Anda tidak akan merasakan bahagia saat melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain selama rasa duka masih menyelimuti hatimua, oleh karena itu berpindahlah dari satu perasaan ke perasaan yang lain agar anda mendapatkan kegembiraan.
87. Dunia adalah kekuatan, masa muda adalah kesehatan, harga diri adalah kesabaran, kemulian adalah ketaqwaan, status adalah harta.
88. Orang yang paling sengsara adalah orang yang ingin menjadi orang lain, orang yang tidak menerima takdir, yang jenuh dengan rezekinya, dan buruk akhlaqnya.
89. Orang yang bodoh adalah orang yang memerlukan orang hina, orang yang fakir adalah orang yang menganggap sedikit terhadap sesuatu yang banyak, orang yang buta adalah orang yang tidak dapat melihat aibnya sendiri.
90. Kesenangan itu hanya akan didapatkan melalui susah payah, ketenangan hanya di dapatkan melalui kerja keras, dan cinta hanya didapatkan dengan sopan santun.
91. Jangan tamak dengan sesuatu yang anda dengar, jangan terlalu membatasi teman, jangan terlalu berani membuka rahasia diri anda kepada wanita, dan jangan memperturutkan semua keinginan hawa nafsu anda.
92. Jangan mencintai karena tekanan, jangan membenci secara berlebihan, jangan hidup secara boros, jangan mengingat-ingat karena menyesal, dan jangan mencari kemuliaan semata.
93. Kehidupan ini adalah kesempatan yang hanya boleh dirasakan setelah kehilangan, sedangkan kesehatan itu adalah mahkota yang bersemayan di atas kepala orang-orang yang sehat, yang hanya dilihat oleh orang-orang yang sakit.
94. Sebaik-baik harta yang anda miliki adalah yang memberikan manfaat, seagung-agungnya ilmu yang anda miliki adalah yang meninggikan derajat, sebaik-baik rumah adalah yang memberikan kebebasan, dan sebaik-baik sahabat adalah yang sering menasehati anda.
95. Kegemukan adalah kelalaian, terlalu banyak makan akan menghilangkan kecerdasan, terlalu banyak tidur adalah kegagalan, terlalu banyak tertawa akan mematikan hati, dan pikiran yang jahat adalah siksa.
96. Diantara sekian banyak kenikmatan dunia itu di antaranya adalah bepergian bersama orang yang anda cintai, menjauh dari orang yang menyakiti, dan mengingat keberhasilan.
97. Dunia adalah hal yang paling menyenangkan pada saat tidak dianggap, dan keperluan adalah hal paling murah ketika tidak diperlukan.
98. Anda cemas karena rezeki hari esok, tapi siapa yang dapat menjamin datangnya hari esok?, anda bersedih dengan kejadian yang kemaren tapi siapa yang dapat mengembalikan hari kemaren?.
99. Orang yang puas adalah raja, orangyang boros adalah pemberani namun tanpa perhitungan, orang yang banyak marah adalah orang gila, orang yang terburu-buru adalah orang yang tergesa-gesa, orang yang pendengki adalah orang yang dzholim.
100. Orang yang bahagia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya, orang yang beruntung adalah orang yang kaya dan banyak melakukan kebaikan, dan orang yang mendapat keberkahan adalah orang yang bertambah ilmunya lalu semakin bertambah taqwanya.
101. Kejujuran adalah ketenangan, kebohongan adalah keraguan, rasa malu adalah benteng, ilmu adalah pegangan, sastra adalah keindahan, dan diam adalah hikmah.
102. Rakus adalah kerendahan, tamak adalah kehinaan, bakhil adalah kerendahan, rasa takut adalah kegagalan, dan lalai adalah penghalang.
103. Rasa sakit yang sedetik itu terasa bagaikan sehari, dan kenikmatan yang sehari itu terasa bagaikan sedetik, malam yang bahagian terasa sangat pendek, dan malam yang penuh dengan kesedihan terasa sangat panjang.
104. Jika anda mengingat masa lalu, maka ingatlah masa lalumu yang indah agar anda gembira, jika anda mengingati hari ini, maka ingatlah apa yang anda telah anda hasilkan, pasti anda akan terasa bahagia, dan jika anda mngingat hari esok maka ingatlah mimpi-mimpi anda yang indah agar anda menjadi orang yang optimis.
105. Hidup itu pendek, maka jangan diperpendek lagi dengan kekeruhan, teman itu sedikit, maka jangan dipersedikit lagi dengan kecelaan, musuh sudah banyak, maka jangan diperbanyak lagi dengan akhlak yang buruk.
106. Jadilah seperti lebah, dia memakan makanan yang baik, dan mengeluarkan yag baik pula, jika dia hinggap di atas dahan, dia tidak merusaknya dan jika dia hinggap di bunga dia tidak merusak bunga tersebut.
107. Jangan merasa takut dengan kesulitan-kesulitan, karena singa berani menghadapi kumpulan unta tanpa ada rasa takut sedikitpun, jangan mengeluh karena beban berat yang harus anda tanggung, sebab keledai tidak pernah mengeluh dengan beban berat yang di bawa, jangan pernah bosan dengan harapan anda, sebab anjing akan selalu mengejar mangsanya walaupun harus melewati bara api.
108. Jangan mengira bahwa cacat menjadi penghambat bagimu untuk sampai pada satu tujuan, berapa banyak orang yang hebat memperoleh keberhasilan padahal mereka buta, lumpuh, pincang, maslahnya bukan terletak pada bentuk fisik tapi terletak pada kemauan.
109. Jika datang kesulitan, maka ketahuilah bahwa itu hanyalah awan di musim panas yang sebentar lagi akan berlalu, jangan takut dengan gemuruh petirnya dan sambaran kilatnya, karena boleh jadi awan itu malah membawa hujan yang menyejukkan.
110. Orang yang tidak pernah bahagia di rumahnya, maka dia tidak akan pernah bahagia di tempat lain, ketahuilah bahwa tempat yang paling mententramkan jiwa, yang paling menenangkan hati dan yang paling jauh dari beban yang amat berat adalah rumah anda sendiri.
111. Pikiran jika dibiarkan lepas, ia akan pergi mengembara menuju lembah keburukan akhlaq dan jurang kesedihan dan kepedihan. Oleh karena itu, jangan anda biarkan pikiran anda berkeliaran tanpa di jaga, tetapi kendalikanlah pikiran anda agar ia hanya beredar pada sesuatu yang bermanfaat.
112. Perjalanan yang paling mulia adalah perjalanan menuju masjid, perjalan yang paling aman adalah perjalanan anda menuju rumah anda, situasi yang paling berat adalah situasi anda menghadap penguasa, keadaan yang paling agung adalah ketika anda sujud kepada allah.
113. Jangan mengambil keputusan pada saat anda marah karena anda pasti akan menyesal, sebab marah dapat melenyapkan kebenaran, menghilangkan berbagai pertimbangan dan dapat mengurangi perenungan.
114. Jangan menuntut orang lain untuk menghormati anda sampai anda sendiri yang memulai menghormati mereka, dan jangan mencela mereka atas kegagalan yang menimpa diri anda, namun celalah diri anda sendiri, jika anda ingin agar orang lain menghormati anda, maka hormatilah diri anda sendiri.
115. Orang yang selalu mengikuti keinginan hawa nafsunya, maka hatinya akan hancur, urusannya akan terabaikan, dan keresahan di hatinya akan menjadi-jadi karena tuntutan hawa nafsu itu tidak terbatas, dan memang hawa nafsu selalu memerintah dan selalu menipu.
116. Rezeki burung itu tidak datang dengan sendirinya ketika dia berada di sarangnya, mangsa singa juga tidak datang dengan sendirinya saat dia berada dalam sarangnya, dan makanan semut tidak datang dengan sendirinya disaat dia berada dalam lubangnya, semuanya harus berusaha dan mencari, oleh karena itu carilah rezeki anda sebagaimana mereka mencarinya anda pasti akan memperolehnya sebagaiman mereka juga memperolehnya.
117. Batu lebuh kuat dari pada pohon, besi lebih kuat daripada batu, api lebih kuat daripada besi, angin lebih kuat daripada api, dan iman lebih kuat daripada angin yang bertiup.
118. Alangkah nikmatnya orang yang tidur, sedang orang lain mendo’akan kebaikan untuknya, dan alangkah celakanya orang yang tidur, sementara orang lain mendo’akan kecelakaan untuknya, itu adalah kabar gembira bagi orang yang dicintai oleh semua hati, dan kerugian bagi orang yang dikutuk oleh semua lidah.
119. Nyamuk selalu berusaha mengganggu dan menyakiti singa, namun singa tidak terpengaruh dan tidak peduli sedikitpun karena singa mempunyai kepentingan lain yang sudah di rancang.
120. Jauhilah orang-orang yang pesimis, sebab jika anda memperlihatkan sekuntum bunga kepadanya, maka dia akan memperlihatkan duri-durinya kepada anda, jika anda memperlihatkan air kepadanya maka dia akan memberikan kotorannya untuk anda, jika anda memuji keindahan matahari di hadapanya, maka dia akan mengeluh panasnya cahaya matahri.
121. Apakah anda menginginkan kebahagiaan yang sebenarnya? Tidak perlu dicari jauh-jauh karena kebahagiaan sejati itu ada dalam diri anda sendiri, ada dalam pikiran yang inovatif, ada dalam khayalan yang indah, ada dalam kemuan yang optimis, dan ada dalam hati yang penuh dengan kebaikan.
122. Merupakan musibah bagi kita jika kita takut kepada selain allah lebih 100 kali dalam sehari, seperti kita takut terlambat, takut salah, takut terlalu cepat, takut seseorang marah, takut seseorang ragu kepada kita dan sebagainya.
123. Sebahagian orang seperti ikan buta, dia mengira dia berada dalam gelas yang kecil, padahal dia berada didalam laut yang begitu luas, kita diciptakan di dunia yang begitu luas, namun sering kali kita menyemppitkan jiwa kita dengan segunung kebencian, ketakutan, permusuhan dan kesedihan.
124. Jangan terlalu mengekang perasaan, mengekang perasaan akan menyebabkan jiwa terganggu, dan akan menghalangi munculnya perasaan bahagia, jangan sembunyikan perasaan anda, ungkapkan semua perasaan anda dengan cara yang sesuai, karena cara yang sesuai akan membebaskan jiwa anda dari tekanan yang menghimpit.
125. Ambillah keputusan dengan segera, orang yang selalu menunda-nunda keputusannya untuk waktu yang lama, berarti dia sendiri yang telah menyita waktu-waktu bahagianya, ingatlah bahwa keputusan yang sudah diambil bukan berarti tidak dapat ditinjau lagi atau diperbaiki di kemudian harinya.
126. Tidak ada kunci yang tidak akan di buka, tidak ada ikatan yang tidak akan dilepaskan, tidak ada kejauhan yang tidak akan mendekat, tidak ada orang bepergian yang tidak akan sampai, hanya saja semuanya itu ada waktu-waktu yang telah ditentukan.
127. Pusatkan perhatianmu pada satu pekerjaan, tekuni, dan cintailah, agar kamu menjadi orang yang terus maju.
128. Mulailah pekerjaan yang paling penting, jangan memecah-belahkan perhatian untuk banyak pekerjaan, karena itu kan membuatmu bingung dan lemah.
129. Seorang yang sukses, akalnya tidak akan kalah terhadap nafsunya, kesabarannya tidak akan kalah terhadap kelemahannya, tidak di remehkan oleh keinginannya dan tidak di sibukkan oleh permasalahan yang kecil.
130. Waspadalah dengan rasa bosan! Karena rasa bosan tidak menghargai hak dan kehormatan! Hendaklah kamu bersabar dan teguh.
131. Barang siapa tegar akan tumbuh, barang siapa bersungguh-sungguh akan dapat, barangsiapa menanam akan menuai, barangsiapa sabar akan beruntung, barangsiapa kuat akan menang.
132. Orang yang malas akan tertinggal, orang yang bingung akan tertidur, orang yang kosong akan menganggur, orang yang banyak angan-angan tidak mempunyai apa-apa.
133. Barangsiapa tidak pernah terbakar maka tidak akan bersinar, barangsiapa yang giat di masa mudanya, nisacaya akan bahagia di masa tuanya.
134. Tidak akan jatuh orang yang hemat, tidak akan gagal orang yang rajin, barangsiapa belajar agama di masa mudanya, kemulian akan menyertainya.
135. Makanan yang paling enak adalah yang dimakan diwaktu lapar, minuman yang paling segar adalah yang di minum di waktu haus, tidur yang paling nyenyak adalah yang di lakukan ketika terlalu capek, kesuksesan yang paling indah adalah yang dicapai melalui pengorbanan.
136. Tuntutlah terus jangan bosan! Musuh seorang penuntut adalah bosan.
137. Orang yang menyia-nyiakan semangat dan menghabiskan umurnya dalam kebingungan tidak akan menang dan tidak akan kalah.
138. Janganlah berhenti berusaha, karena malaikat terus mencatat, umur terus berkurang, kematian semakin dekat dan setiap nafas yang telah di keluarkan tidak akan kembali lagi.
139. Orang malas akan sengsara, orang yang diam akan menyesal, dalam gerak ada berkah, barangsiapa banyak mengembara akan boleh mengalahkan orang ramai.
140.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar